Senin, 13 Februari 2012

Rumah Tropis Modern LT. 9x15m2

Perwujudan rumah tropis sebetulnya merupakan adaptasi terhadap kondisi iklim tropis yang dimiliki oleh indonesia. Sinar matahari yang melimpah, tingkat curah hujan yang tinggi dan kelembaban udara yang tinggi merupakan beberapa ciri iklim tropis. Oleh karenanya konsep rumah tropis, sebaiknya sudah mempertimbangkan unsur-unsur tropis di atas.

Konsep rumah tropis tentunya mengikuti trend rumah saat ini yaitu minimalis. Munculnya minimalis ini sendiri tidak terlepas dari semakin sedikitnya ketersediaan lahan dan lifestyle penghuni rumah yang semakin smart dan efisien, sehingga langgam arsitektur rumah pun mengikuti dengan sendirinya

Selain pemilihan model atap pelana, konsep dimensi tirisan atau overhang diatur lebih lebar atau panjang untuk lebih menunjukan ciri rumah tropis, yaitu mengantisipasi curah hujan beserta limpasannya. Selain itu keberadaan tirisan yang lebar juga mengurangi efek sinar matahari yang menerobos ke dalam rumah. 

Untuk lebih memantapkan nuansa tropis, pemberian tanaman tropis di taman depan sangat disarankan, seperti semak2, dadap, palm, dan jenis perdu lainnya yang sesuai dengan taman gaya tropis. Selanjutnya, penggunaan finishing kusen dengan warna kayu semacam plitur dipastikan akan membuat rumah anda terlihat sangat tropis.



Untuk menambah ciri modern pada rumah tropis, tentunya bisa dimulai pembuatan atau pemberian model kanopi beton yang umumnya menghias rumah-rumah trend saat ini, walaupun sebetulnya fungsinya tidak terlalu perlu karena tirisan sudah lebar. Pemilihan batu alam dengan model terkini pun bisa kita tambahkan, begitu pula pemilihan warna cat dengan tema modern. 
 
Berbicara tentang rumah tropis tentu takkan ada habis2nya, selalu menarik untuk diulas dan dibicarakan. Pentingnya keseimbangan dan keselarasan dengan alam menjadi kunci keberhasilan konsep rumah tropis. Kita juga bisa berkreatifitas untuk memberikan sentuhan modern agar mengikuti trend rumah saat ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar